Penyakit Rambut

Posted: December 22, 2012 in Uncategorized
Tags: , , , ,

terapi-laser-penumbuh-rambut-300x88

Rambut adalah salah satu bagian yang terpenting untuk seseorang, semua orang pasti sangat ingin memiliki rambut yang indah dan sehat. Tetapi debu, polusi, stres, genetik dan bahan-bahan kimia membuat rambut kita menjadi rusak. Tidak hanya membuat rambut kita rusak, tetapi juga menyebabkan berbagai masalah pada rambut sepeti kerontokan dan kebotakan.

Menurut hasil penelitian dr. Edwin Djuanda, dari Jakarta Skin Expert terdapat beberapa jenis penyakit rambut yang masih belum diketahui masyarakat. Ada berbagai macam penyakit yang menyerang rambut dan juga belum diketahui oleh masyarakat. Penyakit itu adalah sebagai berikut :

1. Telogen Efflucium (rambut rontok)

Siapapun pasti pernah mengalami kerontokan laki-laki ataupun perempuan, biasanya penyakit Telogen dapat membuat rambut rontok hingga 300 helai setiap hari. Telogen Efflucium bisa terjadi akibat stres atau emosi hormonal, diet dengan cara yang salah, karena penybab dari penyakit ini juga berbeda-beda disarankan untuk menemui daokter khusus rambut atau dhermathologist

2. Alopecia Areata (botak berpitak-pitak)

Hingga pada saat ini belum ada yang menemukan penyebab dari penyakit botak berpitak-pitak. Namun seseorang juga bisa menderita penyakit ini karena faktor keturunan. Agar cepat sembuh segeralah periksa ke dokter khusus rambut, bila tidak segera diobati bisa mengalami Alopecia Totalis. Meskipun perempuan juga mengalami Alopecia Areata tetapi sangat jarang sampai menderita kebotakan total seperti pria.

3. Trichotillomania (kebiasaan cabut rambut)

Sebuah kebiasaan yang Abnormal yaitu sering mencabuti rambut yang biasa dialami oleh remaja puber usia 9-13 tahun maupun balita. seseorang yang mengalami penyakit ini dianggap memiliki penyakit gangguan kejiwaan, sehingga perlu ditangani oleh psikiater dari pada menemui dermatologist.

4. Androgenic Alopecia (botak pada pria)

bertambahnya usia seseorang khususnya pria, menyebabkan volume rambut menipis pada kepala bagian atas belakang dan akhirnya terjadi kebotakan pada pria. Penyebab dari penyakit ini bermacam-macam salah satunya yaitu : Faktor genetik atau dihidrotestosteron (DHT) yang sangat dominan. Dokter biasanya menyarankan untuk melaakukan terapi, seperti Hair Tonic atau tanam rambut.

5. Tinea Capitis (Jamur kulit kepala)

Gangguan ini disebabkan oleh infeksi kulit jamur di kulit kepala. Infeksi jamur ini biasanya menyerang batang dan kelenjar rambut, bisa mengakibatkan rambut terasa gatal dan rontok. Segera menemui dokter spesialist kulit atau dermatogist

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s