Syarat Rambut Yang Sehat

Posted: December 21, 2012 in Uncategorized
Tags: , , , , , ,

organic-hairAnda pasti pernah mencabut rambut sendiri. Pada akar rambut terdapadat bagian yang berwarna putih, bagian yang berwarna putih itu disebut lemak Iitu bukan sebuah tanda bahwa rambut anda sehat, lemak yang terdapat dalam rambut akan membuat rambut kita berminyak dan apabila bercampur dengan kotoran atau debu akan menjadi ketombe.

Apakah anda ingin tahu bagaimana rambut yang sehat itu ? Rambut yang sehat itu apabila anda memenuhi syarat-syarat dibawah ini :

1. Kulit Kepala Sehat

Jika kulit kepala anda sehat, pasti rambut anda juga sehat. Salah satu ciri-ciri dari kulit kepala yang sehat adalah memiliki tiga helai rambut disetiap pori-porinya, apabila setiap pori-pori anda memiliki tiga helai rambut maka rambut anda akan terlihat tebal dan sehat. Sedangkan apabila kulit kepala anda setiap porinya memiliki 1 helai rambut, maka rambut anda terlihat tipis dan pasti ada yang bermasalah pada kulit kepala anda. Jika hal itu terjadi pada saat rambut anda rontok, maka banyak spot yang kosong dipori-pori dan kulit kepala. Apabila anda tidak mencegahnya dengan merawat secara rutin, kepala anda akan menjadi botak.

2. Tekstur Yang Lembut

Syarat rambut yang sehat berikutnya adalah dapat dikibaskan dendan mudah, karena teksturnya lembut. Perwara rambut yang berasal dari bahan kimia, perawatan, dan penataan, dapat mengubah tekstur rambut anda menjadi kasar.

3. Rambut Yang Berkilauan

Rambut yang berkilau disebabkan oleh lapisan rambut memantulkan cahaya. Apabila kultikula pada rambut anda rusak dan memnyebabkan rambut menjadi mengembang dan mengahalangi pantulan cahaya. Sisa-sisa dari perawatan yang tertinggal dikulit kepala dan rambut juga dapat menghalangi kilaunya, maka dari itu bersihkanlah dengan teliti pada saat keramas.

4. Kerontokan Kecil

Setiap hari rambut seseoarang akan merasakan kerontokan 50-100 helai rambut menurut ilmuan di American Academic of Dhermatology. Kerontokan kecil ini tidak akan terasa karena setiap rata-rata setiap orang mamiliki 100.000 lebih helai rambut. Apabila kerontokan yang terjadi setiap hari melabihi 100 halai rambut, kemungkinan penyebabnya adalah penyakit, stres, dan faktor-faktor lain.

5. Elastis

Bukan hanya kulit yang elastis tetapi, rambut juga elastis. Artinya rambut tidak akan patah akibat tertarik atau terkena sisir. Rambut yang rapuh tidak akan menjadi elastis. Menurut Hair Health Spotlight di Men’s Magazine, hal ini terjadi karena pola makan yang buruk, kekurangan vitamin, protein, dan mineral.

6. Tidak Kusut Ketika Terkena Air

Rambut kering disertai dengan kultikula yang rusak, akan menjadi sulit pada saat menyisir rambut ketika rambut basah. Ini terjadi karena kultikula terkelupas dari batang rambut dan menyebabkan gesekan, demikian yang disampaikan oleh American Chemical Society. Cara mengatasinya adalah dengan cara menggunakan kondisiner, karena kondisiner dibuat untuk melapisi batang rambut dan melembutkan kukltikula.

7. Lurus Ketika Terkena Sesuatu Yang Lembab

Kandungan air yang terdapat diudara membuat rambut menjadi lurus “jatuh”, jika rambut anda sehat. Apabila rambut tidak sehat, rambut akan mengembang pada saat terpapar kelembapan udara dan menjadi kriting, kasar, kusam.

Leave a comment