Mitos Rambut Rontok

Posted: December 20, 2012 in Uncategorized
Tags: , , , ,

sisir2   Bagi wanita rambut adalah sebuah baian tubuh yang sangat penting yaitu, sebagai mahkota dan juga sebagai unsur keindahan yang dapat menarik perhatian seseorang. Banyak kaum wanita yang mengalami rambut rontok karena patah, ternyata kerontokan rambut bukan disebabkan oleh rambut patah melainkan akar rambut yang tidak kuat/sehat.

Banyak produk-produk yang dikeluarkan untuk mengatasi rambut patah, bukan karena akar rambut yang tidak kuat/sehat. Itu artinya banyak produk yang dikeluarkan dipasaran, bukan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan kerontokan rambut.

Faktanya survei yang dilakukan oleh IndoPacificEdelman di 10 kota besar di seluruh Indonesia, yang hasilnya hampir 70% perempuan diIndonesia mengalami kerontokan rambut. Jika dilihat dari usia, perempuan dapat mengalami rambut rontok pada usia berapapun mulai usia 16 tahun hingga 45 tahun keatas.

Tetapi jangan menjadi stres setelah membaca fakta-fakta diatas, karena stres dapat menjadi salah satu penyebab memicunya rambut rontok. Setelah anda membaca penyebab kerontokan rambut yang telah teruji melalui beberapa fakta, kita sebagai perempuan juga harus mengetahui beberapa mitos yang bisa memicu ketakutan kita akibat kerontokan rambut. Sebab mitos itu bisa menjebak kita mengubah kerontokan rambut menjadi semakin parah.

1. Sinar ultraviolet matahari dapat membuat rambut rontok

Ini hanyalah sebuah mitos, karena sinar matahari hanya sampai pada permukaan rambut. Sedangkan kerontokan rambut terjadi akibat akar rambut yang rapuh.

2. Mandi menggunakan shower dapat mengakibatkan rambut rontok

Sampai saat ini belum ada surfei/penelitian ilmiah yang mendukung pernyataan tersebut, jadi ini hanyalah sebuah mitos. Justru apabila kita keramas dengan shower kulit kepala akan menjadi lebih sehat karena shampo dibersihkan tanpa melukai folikelnya.

3. Memijat kulit/ menyisir rambut dapat merangsang pertumbuhan rambut

Sebuah fakta menyatakan, folikel yang berada dibawah kulit sangat sensitif padastimulasi fisik. Apabila kita memijat/menyisir yang menyebabkan gesekan antar rambut pasti akan membuat rambut patah.

4. Ketombe dapat membuuat rambut rontok

Meskipun ketombe dan rambut rontok terjadi bersamaan, faktanya adalah tidak ada hubungan antar keduanya. Sebenarnya ketombe hanya mengakibatkan rasa gatal yang membuat kita menggaruk kepala sehingga rambut saling bergesekan lalu patah dan rontok. Inilah yang membuat orang-orang percaya bahwa ketombe membuat rambut rontok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s